Get Notified

Get the latest articles from us by entering the email on the form provided below

After you enter the email above, then automatically you will receive a new post from us

Syabab Hidayatullah Sinergi PT BCS Sebuku Bina Generasi Muda

SEBAGAI bentuk kepedulian terhadap lingkungan masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia, PT Bahari Cakrawala Sebuku (PT BCS) menggandeng Pemuda (Syabab) Hidayatullah dalam melakukan pendampingan pembinaan rohani generasi muda di Pulau Sebuku, Kalimantan Selatan.

Kegiatan yang mengusung tema "Ramadhan Cemerlang" yang teselenggara atas dukungan Badan Dakwah PT Bahari Cakrawala Sebuku yang bergerak di bidang pertambangan batubara berlangsung khidmat dan semarak yang menghadirkan pamteri dari Syabab Hidayatullah.

Acara yang berlangsung selama 4 har ini diikuti oleh 82 siswa, terdiri dari 46 peserta putra dan 36 peserta putri dari siswa SMA Model Al-Khawarizmi Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (26-29 Juni 2015) atau bertepatan dengan 9-12 Ramadhan 1436 Hijriah.

Acara yang bertajuk Ramadhan Cemerlang merupakan rangkaian dari SNW Basic Training Syabab Hidayatullah. Training kali ini terbilang spesial karena untuk pertama kalinya Syabab Hidayatullah memberikan pelatihan di tempat yang sangat eksotis dengan keindahan alam yang indah. Bertempat di tengah pulau dengan jumlah penduduk 7000 orang dengan kekayaan hutan dan laut yang melimpah.

Pulau yang berada di tenggara propinsi Kalimantan Selatan ini, berbatasan dengan selat makassar, jika dilihat dari peta, maka posisi pulau ini berhadapan dengan Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat.

Suasana di pulau ini jauh dari hingar bingar kebisingan kota, namun di pulau tersebut terdapat perusahaan tambang batubara dengan produksi yang luar biasa. Perusahaan asal Thailand sebagai pemilik izin dari konsesi yang diberikan pemerintah Indonesia pada puluhan tahun yang lalu.

Perjalanan dari Kota Balikpapan ke pulau tersebut ditempuh selama satu jam dengan menggunakan pesawat jenis Cessna yang hanya berjumlah 10 orang dan mendarat di lapangan udara milik perusahaan BCS di desa Sekapung. Hilir mudik kendaraan khas tambang dengan dua belas rodanya merupakan pemandangan yang menarik di sepanjang jalan houling terlihat dari atas udara.

Adapun trainer Syabab Hidayatullah yang hadir mengisis dalam kegiatan ini merupakan “Duet Sekjen”. Yaitu Suhardi Sukiman dan Farid Ma’ruf (Sekjend Syabab Periode 2011-2014) dipandu oleh Co-trainer Mursalin Ukasya atas nama PT BCS yang juga pengurus Syabab Wilayah Kaltim pada periode lalu. Serta hadir pula trainer lokal M. Apri Siswanto, SE MM yang juga kepala sekolah di SMA Model Al-Khawarizmi tersebut.

Sekadar informasi, Sekolah SMA Model Al-Khawarizmi Sebuku merupakan sekolah percontohan di Propinsi Kalimantan Selatan. walaupun dengan keterbatasan fasilitas pendukung, namun siswa di sekolah ini mampu memberikan prestasi yang luar biasa.

Bahkan, setiap tahunnya sekolah ini mendapat jatah dari pemerintah setempat untuk mengirim 3 orang lulusan terbaik mereka untuk berkuliah di negeri China. Berkat prestasi yang diperoleh, aku kepala sekolah Alkhawarizmi, tidak hanya murid yang berprestasi, Kepala sekolahnya pun berkesempatan melanjutkan pendidikan S3 di negeri tirai bambu karena telah meraih predikat kepala sekolah berprestasi.

Materi yang disampaikan selama empat hari di sekolah tersebut adalah SNW Basic Training yang merupakan materi pokok dalam traning-training yang diadakan Syabab Hidayatullah. Materi inti adalah Ma’rifatullah yakni elaborasi ruhani dalam memahami hakikat kehidupan dan kemanusiaan kita

Lalu ada juga penjabaran tentang sejarah Nabi Muhammad dan sahabatnya serta disajikan presentasi tentang sosok teladan Rasulullah dalam menjalani kehidupan yang penuh kedamaian, semangat, dedikasi, dan kerja keras. Materi disampaikan melalui media proyektir dengan pembawaan pamteri yang enerjik.

Matari-materi tersebut disampaikan bergantian oleh duet trainer syabab. Selain itu, materi kepemudaan juga menjadi materi pendamping sebagai pengenalan kepada peserta training.

Antusiasme peserta selama kegiatan berlangsung patut diacungi jempol. Karena semangat mereka dalam mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir tak pernah pudar, terkait dengan kesan dan pesan dari peserta, ada pengalaman menarik yang mereka ungkapkan.

“Dari acara ini kami telah diajari pentingan kerja keras, semangat, motifasi yang tinggi. Dam kami juga diajarkan pentingnya disiplin waktu untuk mencapai kesuksan seperti Nabi Muhammad,” kata Abdullah, salah seorang peserta mewakili rekan-rekannya.

Memamg, selama acara digelar, panitia menetapkan peserta harus selalu berada di ruang acara tepat waktu. Suksesnya acara ini tidak lepas dari keseriusan pihak perusahaan dalam mengawal acara ini khususnya ketua Mushalla Istiqomah Permanent Camp, Bapak Haryanto Bilal, yang dengan setia mengantar dan menjemput trainer selama acara berlangsung dengan kendaraan LV Double Cabin Mitsubishi Strada milik PT BCS.

Acara yang dikemas dengan menggunakan perangkat multimedia dan berbagai pendekatan materi seperti games, yel-yel, dan lain sebagainya. Ini membuat peserta tetap semangat kendati sedang berpuasa. Bahkan pada saat penutupan acara, peserta telah mahir melantunkan hymne Syabab Hidayatullah “Islam Bukan Hanya Dikata” yang dikarang oleh Ustadz Takari Yanto.

Di akhir acara, disepakati untuk mengadakan pembinaan halaqoh yang direncanakan diakan setiap bulan di sekolah tersebut dengan melibatkan PT BCS sebagai fasilitator kegiatan.

Sekjen PP Syabab Hidayatullah, Soehardi Soekiman, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan yang telah memfasilitasi suksesnya acara Ramadhan Cemerlang ini dan memberi apresiasi yang tinggi kepada siswa SMA Model Alkhawarizmi dalam mengikuti kegiatan yang diakuinya sebagai training yang paling berkesan. (FM2003)
Disqus Comments
Rakornas 2018

Rapat Koordinasi Nasional Syabab Hidayatullah akan digelar pada 26-28 Oktober 2018 di Jakarta

Infaq Jariyah

Beramal jariyah dengan berdonasi guna mendukung program Syabab Hidayatullah

Syabab Marchandise

Tersedia beragam perlengkapan, souvenir dan marchandise Syabab Hidayatullah

Kesekretariatan

Ragam file terkait organisasi dan panduan kesekretariatan Syabab Hidayatullah

Copyright © 2018 Depdatin PP Syabab Hidayatullah