Get Notified

Get the latest articles from us by entering the email on the form provided below

After you enter the email above, then automatically you will receive a new post from us

Profil Suhardi Sukiman


Suhardi Sukiman adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Syabab Hidayatullah periode 2016-2019. Lelaki langsing kelahiran Tolitoli, Sulawesi Tengah, 37 tahun silam ini adalah jebolan Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kaltim. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta.

Selama kuliah, Suhardi berkecimpung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan terlibat dengan berbagai diskusi dan interaksi dengan gerakan lainnya. Ia pernah menjadi Ketua HMI Komisariat Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta.

Sebelum mengemban amanah sebagai Ketua Umum PP Syabab Hidayatullah, Suhardi sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal di dua periode sebelumnya.

Setelah melalui proses yang cukup melelahkan dan menyita waktu, gelaran Musyawarah Nasional (Munas) VI Syabab Hidayatullah 2016 di Batam, akhirnya menentukan nahkodanya.

Munas Pemuda Hidayatullah yang digelar di Kota Batam, Kepulauan Riau, ini menetapkan Suhardi Sukiman sebagai Ketua Umum baru yang akan memimpin organisasi ini periode masa bakti berikutnya, 2016-2019.

Suhardi Sukiman dalam pidato sambutannya usai dilantik mengaku sangat berat menerima amanah kepemimpinan tersebut.

Namun, kata dia, dalam tradisi gerakan Hidayatullah, kader tidak boleh meminta amanah namun tidak boleh menolak jika mendapatkan amanah, maka ia menerima mengemban untuk amanah tersebut.

“Amanah yang sangat berat mengingat pekerjaan-pekerjaan tidak ringan yang akan dipikul ke depan. Tanpa kolektifivitas gerak, mustahil kita bisa memacu langkah organiasi ini. Karena itu kami berharap langkah kita ke depan semakin padu,” kata Suhardi usai dilantik dan dikukuhkan melalui surat keputusan dibacakan Ketua Bidang Organisasi DPP Hidayatullah dilansir Kamis (29/12/2016).

Suhardi mengatakan sebagai manusia biasa ia memiliki banyak kekurangan, karena itu ia berharap dengan berpaduan dan kebersamaan dalam menjalankan roda organisasi, ia berharap Syabab Hidayatullah dapat semakin menguatkan kiprahnya.

“Mari kita bekerja dan terus optimis memperbaiki organisasi agar lebih bermanfaat bagi umat serta bangsa tercinta ini,” kata Suhardi.

Kini di tengah kesibukannya mengurus organisasi dan mengajar, Suhardi juga bergiat di Yayasan Talenta Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia. Ia juga didapuk menjadi pengurus Yayasan Sahabat Anak Indonesia (SAI) yang masih berkaitan dengan pemberdayaan generasi serta sedang merintis lembaga pelatihan Madrasah Talenta Multimedia (MTM). 


Disqus Comments
Rakornas 2018

Rapat Koordinasi Nasional Syabab Hidayatullah akan digelar pada 26-28 Oktober 2018 di Jakarta

Infaq Jariyah

Beramal jariyah dengan berdonasi guna mendukung program Syabab Hidayatullah

Syabab Marchandise

Tersedia beragam perlengkapan, souvenir dan marchandise Syabab Hidayatullah

Kesekretariatan

Ragam file terkait organisasi dan panduan kesekretariatan Syabab Hidayatullah

Copyright © 2018 Depdatin PP Syabab Hidayatullah